FEBI UIN SAIZU

Self Development & Career Preparation FEBI UIN SAIZU Purwokerto

FEBI.UINSAIZU.AC.ID-Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto mengadakan Workshop Career Setting bagi Alumni Periode II (Juni) Tahun Lulus 2024 dengan tema “Self Development & Career Preparation”. Acara ini diselenggarakan pada hari Rabu (5/6/2024) di Lantai 5 gedung FEBI UIN SAIZU Purwokerto. Acara tersebut diikuti oleh seluruh calon wisudawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Saizu Purwokerto periode Februari 2024 yang berjumlah 100 peserta. Acara yang rutin diselenggarakan setelah wisuda ini dibuka oleh Dr. H. Chandra Warsito, S.TP., S.E., M.Si. selaku Wakil Dekan III FEBI dan menghadirkan narasumber yaitu ASPIKMAS dan Bank Indonesia.

Dalam sambutannya, Dr. H. Chandra Warsito, S.TP., S.E., M.Si. mengajak civitas akademika untuk menjadikan dunia kewirausahaan sebagai pandangan hidup dan memberikan motivasi kepada para mahasiswa, alumni agar mulai berwirausaha, sehingga terlahir kaum intelektual muslim mandiri dan entrepreneur muslim sejati. “Saya atas nama pimpinan sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada panitia yang berhasil menyelenggarakan Career Setting dalam rangka mencoba, mencari, melihat, bagaimana hubungan stakeholder dengan perguruan tinggi, dunia kerja dengan kampus.Untuk itu kegiatan ini tidak sebatas seremonial, tapi harus memberikan manfaat, khususnya alumni, mahasiswa, sehingga tidak hanya ingin mencari kerja, tapi membuka lapangan pekerjaan dan menjadikan kegiatan usaha mandiri sebagai solusi atas di tengah-tengah susahnya mencari lapangan pekerjaan,” tegasnya.

Mengingat pentingnya alumni dalam perguruan tinggi, mulai dari berperan aktif dalam memberikan masukan dan program nyata bagi kemajuan kampus, alumni memiliki potensi dan kompetensi dalam membangun opini publik demi nama baik Perguruan Tinggi, alumni sebagai produk Perguruan Tinggi dapat menjadi relasi penting dalam memperluas jaringan kampus, mahasiswa dengan institusi di luar Perguruan Tinggi, alumni dapat menjadi sumber informasi dunia kerja dan usaha bagi lulusan baru kampus, sampai menjadi teladan inspirasi bagi mahasiswa.
“Dalam pikiran saya kebesaran suatu perguruan tinggi sangat ditentukan oleh kiprah alumni, mahasiswa, terlebih lagi kontribusi alumni mempunyai hubungan erat dengan lapangan kerja, perusahaan. Dengan demikian ini jadi momentum interaksi antar dunia usaha dengan mencari kerja, termasuk bagi dunia kerja media untuk mencari lulusan dengan segala potensi yang dimiliki masing-masing,” paparnya.

Acara dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi materi oleh narasumber Lintang Anggraeni (Kepala Unit Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran dan Pengawasan SPPUR) dan Pujianto, S.E. (Ketua Umum APIKMAS) dengan tema “Membangun Personal Branding yang Kuat untuk Meningkatkan Peluang Karir”. Beliau menyampaikan untuk karir masa depan, personal branding perlu dimiliki oleh individu untuk dapat bersaing di dunia kerja, menggapai pekerjaan dan pengembangan profesi kerja. Dengan personal branding yang kuat dapat mendorong individu dalam mengembangkan kemampuannya, dan meningkatkan self-awarenes, self-esteem, self worth, dan nilai positif lainnya. Sehingga dapat menjadi nilai pembeda atau keunikan seorang individu dari orang lain. Sesi kedua ada penandatanganan MoU antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan Bank Indonesia dan ASPIKMAS. (EZ)

Share
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Skip to content