FEBI UIN SAIZU

Mahasiswa KKN Kolaborasi Aplikasikan Konsep Riayah Masjid

FEBI.UINSAIZU.AC.ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi 100 UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto melaksanakan kegiatan GB2M (Gerakan Bersih-Bersih Masjid) di Desa Gunungagung salah satunya masjid Miftahur Rozaq. Kegiatan ini bertujuan untuk mengaplikasikan konsep Riayah Masjid, yaitu pemeliharaan dan Kebersihan Masjid. Kegiatan GB2M melibatkan mahasiswa dan warga setempat yang bersama-sama membersihkan masjid-masjid di Gunungagung. Mereka membersihkan dalam dan luar masjid sampai ke halaman. Selain itu, mereka juga membersihkan karpet yang sudah sangat berdebu.

Koordinator desa KKN Kolaborasi 100 Gunungagung, Alif Hidayat (Mahasiswa Ekonomi Syari’ah FEBI UIN Saizu) menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat sekaligus sebagai upaya untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat ibadah. “Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat dapat lebih peduli dan aktif dalam merawat masjid, sehingga masjid dapat menjadi tempat yang nyaman dan bersih untuk beribadah dan berkegiatan sosial,” ujarnya.

Kegiatan GB2M Penting dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan masjid Miftahur rozaq. Ketua DKM Miftahur Rozaq Bapak H. Muhammad  Hamam mengapresiasi inisiatif dan kerja keras para mahasiswa KKN dalam melaksanakan kegiatan GB2M. “Alhamdulillah positif kami terbantu apalagi biasanya bersih bersih mandiri dengan warga setempat itupun dilakukan hanya setahun sekali, dan ini kali pertama baru ada kegiatan mulia seperti ini dari KKN” katanya.

Dengan adanya kegiatan GB2M ini, diharapkan masjid-masjid di Gunungagung dapat terjaga kebersihannya dan menjadi pusat kegiatan keagamaan yang nyaman dan aman bagi seluruh masyarakat. Mahasiswa KKN Kolaborasi 100 Gunungagung berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan positif lainnya yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa Gunungagung. EZM

Share
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Skip to content