FEBI UIN SAIZU

FEBI dan BAZNAS Kab. Wonosobo Jalin Kerja Sama Rekrutmen Amil Pelaksana Baznaz Kab. Wonosobo

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Saizu Purwokerto bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Wonosobo menandatangani Nota Kesepahaman (MoA) kerja sama tentang rekrutmen amil pelaksana Baznaz Kabupaten Wonosobo. Kerja sama ini merupakan upaya bersama dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang profesional dalam pengelolaan filantropi Islam.

kunjungan BAZNAS Wonosobo ke FEBI UIN SAIZU Purwokerto adalah terkait kebutuhan akan proses seleksi pegawai untuk formasi sebanyak 9 orang untuk penempatan sebagai pegawai di Kantor BAZNAS Wonosobo. Atas arahan Sekda Wonosobo, proses seleksi diarahkan melalui proses independen dengan melibatkan pihak eksternal, maka BAZNAS Wonosobo mengajukan kerjasama kepada FEBI UIN SAIZU Purwokerto untuk melaksanakan proses tersebut.

Dekan FEBI UIN SAIZU Purwokerto menyambut positif terkait rencana tersebut, dan siap menindaklanjutinya. Berikutnya, perlu disepakati hal-hal teknis pelaksanaannya. Sebagai payung kegiatan, perlu dibuatkan dokumen kerjasama dalam bentuk MoA yang sifatnya lebih umum untuk kegiatan tri dharma, serta dibuatkan MoA sebagai dasar pelaksanaan kerjasama terkait proses rekrutmen pegawai BAZNAS Wonosobo.

Penandatanganan MoA tersebut dilakukan oleh dilakukan oleh Dr. H. Jamal Abdul Aziz M.Ag. Dekan FEBI UIN Saizu, dan Drs. H. Samsul Ma’arif, MM. Wakil Ketua 1, bidang pengumpulan zakat. Drs. H. Asrori Zaeni, M. Ag. Ketua 2, bidang pentasarupan dan pendayagunaan zakat. dan H. Sholeh Rosyadi, SE. Keta 4. Bidang Umum dan SDM. Baznas Kab. Wonosobo. di Gedung FEBI UIN Saizu Purwokerto,Jumat (27/8/2024).

Poin-poin kesepakatan hasil diskusi:
1. Periode Pelaksanaan Kerjasama : 2 – 30 September 2024
2. Kebutuhan Formasi yang Fixed : 7 orang
3. Formasi yang Perlu Konfirmasi : 2 orang (Sopir dan OB)
4. Target Lolos Seleksi dari FEBI : minimal 14 orang (2 kali kebutuhan formasi)
5. Batasan Proses Seleksi dari FEBI : melakukan seleksi dari tahap awal hingga diperoleh peringkat nilai dari masing-masing peserta, pihak FEBI UIN SAIZU tidak menetapkan keputusan tentang peserta yang diterima/lolos seleksi akhir.
6. Sistem/Tahap Seleksi dari FEBI : a. Tes Tertulis
✓Pengetahuan Umum
✓Kompetensi Teknis (Sesuai Formasi)
✓Psikologi
b. Tes Wawancara
✓Psikologi
✓Keagamaan
7. Lokasi Seleksi : Berada di Kabupaten Wonosobo, untuk lokasi detil akan ditentukan kemudian hari oleh pihak BAZNAS Wonosobo (seleksi tes tertulis dan wawancara)
8. Persiapan dari pihak FEBI :
a. Menetapkan Panitia Pelaksana FEBI
b. Menyusun Rencana Usulan Anggaran
c. Koordinasi Aturan Administrasi Kerjasama
d. Menyusun Bank Soal (sesuai kategori)
e. Menetapkan Tim Pewawancara

Drs. H. Samsul Ma’arif, MM. Wakil Ketua 1, bidang pengumpulan zakat menyampaikan, kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen BAZNAS dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan profesionalisme di bidang filantropi Islam. “Kita menjalin kerja sama dengan UIN ada dua tujuan. Pertama kebutuhan kami akan proses seleksi pegawai untuk formasi sebanyak 9 orang untuk ditempatkan sebagai pegawai agar keilmuan tentang filantropi Islam Kantor BAZNAS Wonosobo,” ucap Samsul Ma’arif.

“Yang Kedua, Atas arahan Sekda Wonosobo, proses seleksi diarahkan melalui proses independen dengan melibatkan pihak eksternal, maka BAZNAS Wonosobo mengajukan kerjasama kepada FEBI UIN SAIZU Purwokerto untuk melaksanakan proses tersebut.”,

Sementara itu, Dekan FEBI Dr. Jamal Abdul Aziz. mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan BAZNAS. “FEBI UIN Saizu siap menyukseskan menyambut positif terkait rencana tersebut, dan siap menindaklanjutinya. Berikutnya, perlu disepakati hal-hal teknis pelaksanaannya ini melalui fasilitas-fasilitas yang tersedia kampus kami. Sekali lagi terima kasih, semoga ini menjadi bagian ikhtiar kita bersama, dan insya Allah ikhtiar kita ini menjadi kebaikan bagi kita semua,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Para Wakil Dekan Febi, ketua jurusan dan para koorprodi yang ada di Febi. kemudian dari pihak baznas waonosobo hadir pula Ketua 2, bidang pentasarupan dan pendayagunaan zakat. dan H. Sholeh Rosyadi, SE. Ketua 4. Bidang Umum dan SDM. Baznas Kab. Wonosobo.

Share
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Skip to content