FEBI UIN SAIZU

Purwokerto – Peningkatan kapasitas dan kapabilitas mahasiswa baik di bidang pengetahuan secara keilmuan yaitu pemahaman secara core teori maupun secara aplikatif merupakan hal yang paling signifikan untuk segera dilaksanakan sebagai salah satu strategi pencapaian tujuan organisasi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto menerapkan strategi pencapaian tujuan strategi dengan melakukan penguatan kapasitas dan kapabilitas dengan metode Upgrading Knowledge di semua bidang kerja. Sehingga masing-masing bidang kerja membuat program unggulan untuk pengembangan potensi kerja sebagai upaya peningkatan kinerja yang merupakan bukti telah terjadi perubahan positif pada kapasitas dan kapabilitas masing-masing unit kerja pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Purwokerto.

Laboratorium merupakan salah satu unit pelaksana teknis pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto yang berupaya menyusun strategi pelaksanaan kerja dengan terstruktur dan berorientasi pada hasil terbaik untuk peserta didik (mahasiswa).

Langkah kongkrit pelaksanaan kerja strategis laboratorium  FEBI dalam  bentuk pelatihan dengan mengadakan workshop Upgrading Knowledge of Islamic Bank and Interpersonal Skill bagi mahasiswa FEBI IAIN Purwokerto yang dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2015 yang bertempat di Garden Hall Purwokerto. Untuk materi Islamic Bank pembicara berasal dari praktisi Perbankan Junaedi S.E., M.Si dan Radityo, S.E. dari Bank Syariah Mandiri Purwokerto. Dan untuk materi Interpersonal Skill oleh motivator Supernsonality Institut Ryan Martian, SP. Peserta Workshop dihadiri oleh mahasiswa Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah khususnya mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan PPL/PKL sebagai langkah pra pembekalan.

Laboratorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan melakukan Upgrading Knowledge of Islamic Bank and Interpersonal Skill dengan menggandeng stakeholder merupakan langkah nyata dan positif membangun citra fakultas untuk pencapaian rencana strategis fakultas beberapa tahun ke depan. Laboratorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam membidik 2 sasaran pelatihan yaitu Islamic Banks sebagai academic knowledge, Interpersonal Skill meliputi skill of thinking, management skill dan communication skill.

Kegiatan edukasi ini merupakan upaya kongkrit FEBI dalam merealisasikan pencapaian kinerja melalui upaya peningkatan kapasitas dan kapabilitas mahasiswa dalam bentuk praktikum mahasiswa sebagai langkah penguatan pemahaman tentang Islamic Bank dan penguatan tentang personality mahasiswa dengan metode membangun memori positif tentang Interpersonal Skill dengan harapan kepercayaan diri akan tumbuh sebagai upaya motivasi dari dalam diri pribadi mahasiswa untuk melakukan hal terbaik untuk dirinya dan untuk fakultas. Hal tersebut dirasa sangat perlu karena sebagai langkah pra pembekalan PPL dan PKL bagi mahasiswa sehingga diharapkan ada wacana positif dengan membangun citra dan karakter para mahasiswa untuk bisa menempatkan diri dan mengaplikasikan pengetahuan dengan sebaik-baiknya.