Purwokerto – Peningkatan kapasitas dan kapabilitas mahasiswa baik dibidang pengetahuan secara keilmuan yaitu pemahaman secara teori ataupun secara aplikatif merupakan hal yang paling signifikan untuk segera dilaksanakan sebagai salah satu strategi pencapaian tujuan organisasi. Langkah kongkrit Laboratorium FEBI dalam bentuk Fasilitas Edukasi berupa pengadaan software Aplikasi Laboratorium Minibangking sebagai upaya peningkatan Keterampilan Mahasiswa dibidang perbankan syariah merupakan follow up Perjanjian Kerjasama antara BRI Syariah dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto tentang pelaksanaan mini banking.

Melalui kerja sama yang sudah terjalin tersebut, maka diperlukan adanya realisasi dari rencana pelaksanaan sistem aplikasi laboratorium minibanking tersebut. Langkah aplikatif pertama yang dilakukan dalam  rangka mendukung kegiatan FEBI dalam proses perkuliahan terutama dalam bidang perbankan syariah, FEBI bersama dengan BRI Syariah mengadakan kegiatan  Sosialisasi Sistem Aplikasi Laboratorium Mini Bangking BRI Syariah (Salam BRIS) yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 5 November 2015 yang di laksanakan di Laboratorium Komputer Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh mahasiswa, para dosen pengajar Perbankan Syariah dan guru-guru pengajar yang memang mengajar tentang Perbankan Syariah. Pengenalan sistem aplikasi Salam BRIS  ini memberi wawasan kepada para pengajar dan juga mahasiswa tentang aplikasi yang berkenaan dengan praktek riil langsung dilapangan. Mereka dikenalkan dengan sistem aplikasi kerja bank sesuai dengan jabatan yang ada di bank. Mereka dikenalkan cara kerja mulai dari bagaimana bekerja sebagai teller, customer service, hingga level supervisor.

Kegiatan ini di lakukan dengan tujuan memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan secara professional dan efisien kepada Dosen dan mahasiswa terutama   Perbankan Syariah tentang bagaimana aplikasi kerja di dunia perbankan terutama di sistem aplikasi yang ada di Bank BRI Syariah yaitu yang dikenal dengan Salam BRIS.

Baca Juga :  Workshop Manajemen bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Tahun 2018

Pada sistem aplikasi Salam BRIS ini, para peserta dikenalkan berbagai aplikasi cara-cara menyetor uang, melakukan transaksi, membuat rekening, membuat data nasabah, cara membuat giro, membuat kredit pinjaman dan masih banyak lagi.

Dengan adanya kegiatan sosialiasi sistem Aplikasi  Salam BRIS ini diharapkan agar semua civitas akademika terutama para dosen dan mahasiswa Perbankan Syariah FEBI IAIN Purwokerto benar-benar memahami konsep-konsep operasional perbankan syariah, menguasai praktik perbankan syariah, ahli dalam merancang dan mengaplikasikan operasional dan produk-produk perbankan syariah serta menguasai teknologi pendukung praktik perbankan syariah agar menghasilkan alumni yang siap pakai di dunia kerja.