FEBI UIN SAIZU

FEBI UIN Saizu gelar Workshop Review Kurikulum Berbasis OBE

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Saizu Purwokerto mengadakan kegiatan Workshop Kurikulum Berbasis OBE (Outcome-Based Education) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di prodi yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang rapat lantai 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SAIZU Purwokerto. Peserta kegiatan ini di hadiri oleh pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SAIZU, diantaranya Dekan, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, Wakil Dekan 3, Ketua jurusan,Koordinator Program Studi (Prodi), dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Termasuk tenaga kependidikan FEBI UIN SAIZU yang turut serta mengikuti kegiatan tersebut secara aktif.

Kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) adalah pendekatan dalam penyusunan kurikulum yang menempatkan fokus utama pada hasil yang diharapkan dari pembelajaran. Dalam kurikulum berbasis OBE, tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur ditetapkan terlebih dahulu, dan kemudian proses pembelajaran dirancang untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan 1 Febi UIN SAIZU Purwokerto,Dr.H. Akhmad Faozan, Lc. M.Ag., dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi kepada seluruh panitia dan peserta yang telah mensukseskan kegiatan ini. Beliau mengungkapkan pentingnya kerja sama antar-PTKIN dalam mengembangkan kurikulum berbasis OBE guna menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja.

Konsep utama dari kurikulum berbasis OBE adalah setiap program pendidikan harus diarahkan untuk menghasilkan hasil yang konkret dan terukur pada tingkat pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai. Ini berarti bahwa pembelajaran tidak hanya berkutat pada transfer pengetahuan, tetapi juga pada penguasaan keterampilan praktis dan perkembangan sikap yang diinginkan. “Workshop Kurikulum Berbasis OBE ini merupakan wadah bagi para pimimpinan untuk berbagi pengalaman, best practice, dan diskusi mendalam mengenai implementasi kurikulum berbasis OBE. Diharapkan hasil dari kegiatan ini akan mendorong perbaikan kurikulum di Kampus kita ini, sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan dunia industri.” Pungkas beliau. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi dan pedoman bagi para perguruan tinggi untuk mengadopsi pendekatan berbasis OBE dalam merancang kurikulum yang relevan dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat dan pasar kerja. Sehingga, lulusan dari FEBI UIN Saizu akan semakin siap menghadapi tantangan di dunia nyata.

Salah satu keunggulan dari kurikulum berbasis OBE adalah memungkinkan pendidik dan pembuat kebijakan untuk lebih fokus pada apa yang benar-benar ingin dicapai oleh siswa, daripada hanya memusatkan perhatian pada materi pembelajaran. Dengan menetapkan tujuan-tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur, evaluasi pembelajaran juga dapat dilakukan secara lebih efektif untuk mengukur sejauh mana siswa telah mencapai hasil yang diinginkan.

“Workshop Kurikulum Berbasis OBE diharapkan menjadi langkah konkret dalam menjaga kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, terutama dalam bidang ekonomi dan bisnis Islam, sekaligus membantu memajukan visi dan misi FEBI UIN Saizu sebagai lembaga pendidikan yang unggul, Progresif dan Integratif.” terang Dr. Akhmad Faozan, Lc. M.Ag. (Wakil Dekan I FEBI UIN SAIZU) sebagai salah satu peserta workshop.

Hadir sebagai pemateri utama, Dr. Ruspita Rani Pertiwi, S.Psi, MM yang merupakan ketua Program Studi Perbankan Syariah (PS) UIN SUKA Yogyakarta, menyampaikan materi mengenai Konsep dan Implementasi Pendidikan Berbasis Capaian (OBE). Dalam materinya, Ruspita mengharapkan kepada seluruh peserta setelah mengikuti workshop tersebut nantinya mampu membedakan konsep pendidikan berbasis input-output dengan berbasis outcome; mampu memformulasikan profil lulusan, CPL, dan CPMK; mendesain kurikulum berbasis CP; mendesain asesmen hasil pembelajaran; mendesain RPS; dan mengidentifikasi peluang perbaikan implementasi OBE secara sistematik di setiap program studi. (EZM)

Share
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Skip to content