FEBI UIN SAIZU

Workshop Penguasaan Bahasa Asing untuk Disiplin Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam

Purwokerto – Dalam rangka meningkatkan penguasaan bahasa asing bagi mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) mengadakan kegiatan Workshop Penguasaan Bahasa Asing untuk Rumpun Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam. Kegiatan ini diadakan pada hari Rabu, 05 September 2018 bertempat di Auditorium Utama IAIN Purwokerto.

Kegiatan workshop dihadiri oleh mahasiswa FEBI dari berbagai semester dan menghadirkan 4 narasumber, diantaranya Mohamad Toha, M.Ag Dosen Fakultas Syariah IAIN Purwokerto dan Harisman Dosen UMP yang mengisi materi dalam bahasa arab, Bima Cinantya Dosen UMP dan Siti Ma’sumah, M.Si Dosen FEBI IAIN Purwokerto yang mengisi materi dalam bahasa inggris.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan positif dari Dekan FEBI Dr. H. Fathul Aminudin Aziz, MM. Beliau mengungkapkan bahwa bahasa harus menjadi simbol pertama perubahan umat.

“Bahasa menjadi simbol perubahan ummat islam. Dan harapannya kalian nanti dapat berpikir secara lateral agar kampus menjadi sumber utama perubahan di masyarakat.” Ungkapnya

Beliau juga menyampaikan keinginannya kepada narasumber bahwa ayat-ayat yang disampaikan tidak hanya dimaknai tentang ekonomi saja tetapi juga memberikan contoh tentang bidang lain. Dalam penutup sambutannya beliau mengharapkan mahasiswa mendapatkan pemahaman baru dan membuka cakrawala baru.

Sesi pertama adalah penyampaian materi dalam bahasa arab. Dalam sesi pertama ini membahas lebih dalam tentang akad murabahah dan akad mudarabah dalam dunia perbankan, mengtahui lebih dalam tentang peran bank dalam akad-akad tersebut, serta stakeholder dalam setiap akad.

Sesi kedua adalah penyampaian materi dalam bahasa inggris. Sesi ini dibuka oleh Bapak Bima Cinantya. Beliau menyampaikan materi tentang bahasa internasional sebagai jembatan untuk berwirausaha. Berdasarkan data yang dipaparkan bahwa pertumbuhan UMKM berkembang sangat pesat, bahkan pada tahun 2019 dipekirakan jumlah UMKM akan lebih dari 59.000.000. Melihat data tersebut maka komunikasi menjadi sangat penting untuk dapat bernegosiasi dengan stakeholder, stakeholder sendiri bisa rekan bisnis ataupun investor. Setelah itu dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Ibu Siti Ma’sumah, M.Si. beliau menyampaikan tentang teknik marketing dari masa ke masa dari jaman tradisional sampai ke jaman digital.

Share
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Skip to content