FEBI UIN SAIZU

SAMAWA HMPS FEBI UIN SAIZU

FEBI.UINSAIZU.AC.ID-Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Perbankan Syariah (PSY) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN SAIZU Purwokerto menyelenggarakan acara SAMAWA (silaturahmi mahasiswa bersama warga) di desa Babakan, Kec. Karanglewas. Acara tersebut diselenggarakan selama 3 hari, yaitu dimulai sejak hari Jum’at(10/5) sampai hari Minggu(12/5). Tujuan diadakannya kegiatan SAMAWA adalah menumbuhkan rasa kepedulian mahasiswa kepada masyarakat dan menumbuhkan nilai sosial agama dalam kehidupan bermasyarakat, serta memberikan pengetahuan mengenai sertifikasi halal dan pentingnya edukasi keuangan syariah kepada masyarakat.

Pada hari pertama, dilakukan pembukaan yang dihadari oleh perangkat desa seperti kepala desa, kepala dusun, ketua RT, dan ahlul bait. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan mengajar anak-anak TPQ dari jenjang TK hingga kelas 6 SD. Pada hari kedua, dilaksanakan seminar di balai desa Babakan terkait sertifikasi halal yang diisi oleh Pak Yudi dari KEMENAG dan dihadiri oleh para pelaku umkm setempat, ibu-ibu PKK juga terbuka untuk umum. Lalu ada edukasi keuangan syariah yang diisi oleh Bu Hastin Tri Utami selaku Koordinator Program Studi Perbankan Syariah. Setelah itu dilanjutkan dengan mengadakan berbagai lomba untuk anak-anak seperti lomba mewarnai, hafalan surat pendek, tilawah, dan adzan.

Pada malam puncak(11/5), panitia memberikan santunan anak yatim dan pembagian hadiah kepada anak-anak yang memenangkan perlombaan termasuk piala, sertifikat, dan uang pembinaan. Panitia juga berkolaborasi untuk pelantikan IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama), IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama), dan Anshor serta penyerahan sertifikat wakaf dan plakat desa. Pada hari terakhir, panitia bekerja sama dengan para warga untuk melakukan kerja bakti dan penanaman bibit pohon yang diberikan oleh dinas perhutani di sekitar jalan desa Babakan serta berbagi donasi.

Selama menjalankan seluruh rangkaian kegiatan acara SAMAWA ini, antusiasme warga sangat tinggi untuk ikut berpartisipasi. “Lebih dari 100 warga yang ikut berpartisipasi. Di malam puncak itu banyak sekali dan kami mendapat donasi box 300.” Ungkap Rofi’ul selaku ketua panitia SAMAWA. (EZ)

Share
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Skip to content